5 Technopreneurship Sukses di Indonesia
Setelah sebelumnya kita membahas mengenai apa itu technopreneurship, kali ini kita akan membahas 5 Technopreneurship yang sukses di Indonesia. Mungkin kelima Technopreneurship ini sudah tidak asing lagi kalian dengar bahkan kalian sering untuk menggunakan jasanya.
Tanpa basa – basi lagi, mari kita simak 5 Technopreneurship yang sukses di Indonesia :
TOKOPEDIA
(sumber : Tokopedia.com)
Tokopedia merupakan salah startup tech
yang termasuk ke dalam Unicorn di Asia Tenggara. Saat ini Tokopedia juga
menjadi marketplace nomor 1 di Indonesia. Tokopedia turut mendukung para
pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan usaha mereka
dengan memasarkan produk secara daring.
Tokopedia resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Berawal dari keinginan agar jurang pemisah antara kota besar dengan kota kecil bisa diminimalkan. Banyak pedagang pindah ke kota demi mendapatkan pasar yang lebih luas dan lebih baik. Sementara konsumen di daerah kecil kesulitan akses untuk mendapatkan produk - produk yang diinginkan. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab tingginya tingkat urbanisasi membuat barang - barang atau produk terkumpul di kota besar. Alasan tersebut menjadi dasar berdirinya Tokopedia dengan tujuan agar masyarakat di daerah kecil bisa mendapatkan barang - barang kebutuhannya menjadi lebih mudah dan terjangkau. Sejak resmi diluncurkan, Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat.
Mengapa Harus Berjualan di Tokopedia ?
Para seller tentunya memiliki berbagai
alasan untuk menjual produk – produk mereka di Tokopedia, diantaranya yaitu :
o Gratis
Memulai bisnis dengan berjualan di Tokopedia
tidak ada biaya apapun atau bisa dikatakan gratis. Penjual bisa membuka toko
online untuk memasarkan produk - produk dengan memasang foto atau gambar.
o Menggapai Seluruh Indonesia
Mengingat sejarah perkembangan Tokopedia
Indonesia membuatnya kini mampu menggapai seluruh Indonesia. Tidak hanya
penjual, namun pembeli juga berasal dari berbagai daerah di Indonesia termasuk
daerah terpencil. Hal ini sesuai misi Tokopedia yang ingin adanya pemerataan
ekonomi secara digital.
o Logistik
Lengkap
Tokopedia sampai saat ini sudah menyediakan
13 mitra logistik yang dapat dipilih penjual untuk toko mereka. Pembeli juga
dapat memilih menggunakan mitra logistik manapun yang disediakan penjual untuk
proses pengiriman.
o Banyak
Fitur Pendukung
Inovasi selalu dilakukan Tokopedia untuk
memberikan pelayanan terbaik sebagai platform jual beli online. Salah
satunya dengan menyediakan banyak fitur pendukung yang sangat canggih dan
modern. Seperti fitur finansial dan berbagai fitur lainnya untuk membantu
mengembangkan toko Anda.
GOJEK
(sumber : Gojek.com)
Gojek merupakan perusahaan berbasis
teknologi ini sudah mencapai nilai valuasi triliunan. Gojek bergerak dibidang
transportasi online, pembayaran online, dan lainnya. Layanan yang disediakan
oleh GOJEK pun beragam, mulai dari GoRide, GoCar, GoFood, GoPay, GoMart, GoSend,
GoBox, GoTix, dan masih banyak lagi. Jasa GOJEK dapat dinikmati di berbagai
wilayah di Indonesia.
Gojek didirikan oleh Nadiem Makarim, warga negara Indonesia lulusan Master of Business
Administration dari Harvard Business School. Ide mendirikan
GOJEK muncul dari pengalaman pribadi Nadiem Makarim menggunakan transportasi ojek hampir setiap hari ke tempat kerjanya
untuk menembus kemacetan di Jakarta. Pada tanggal 13 Oktober 2010, GOJEK resmi berdiri dengan 20 orang
pengemudi. Pada saat itu, GOJEK masih mengandalkan call center untuk menghubungkan
penumpang dengan pengemudi ojek. Pada pertengahan 2014,
berkat popularitas Uber kala itu, Nadiem Makarim mulai
mendapatkan tawaran investasi. Pada tanggal 7 Januari 2015, GOJEK akhirnya meluncurkan aplikasi
berbasis Android dan IOS untuk
menggantikan sistem pemesanan menggunakan call center.
Pengaruh GOJEK dalam kehidupan masyarakat
sangatlah besar. Masyarakat yang kini memiliki lebih banyak kesibukan akan
sangat terbantu dengan hadirnya GOJEK. Sebagai contoh, masyarakat saat ini
dapat membeli makanan walaupun sedang sibuk di kantor berkat adanya jasa GoFood.
GOJEK sangat memudahkan kehidupan masyarakat. Penggunaan jasa Gojek ini juga
sangat mudah dan praktis karena kita hanya perlu mengaksesnya melalui aplikasi
di smartphone.
(sumber : Bukalapak.com)
Bukalapak merupakan salah satu
perusahaan e-commerce di Indonesia. Bukalapak Didirikan oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Muhamad Fajrin Rasyid
pada tahun 2010. Bukalapak awalnya merupakan toko daring yang memungkinkan para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk
merambah ke dunia maya. Pada tahun 2017, Bukalapak menjadi salah satu startup unicorn asal
tanah air. Pada tahun 2019, Bukalapak telah memiliki lebih dari 4,5 juta
pedagang online, 70 juta pengguna aktif bulanan, 1,9 juta mitra warung, dan
rata-rata dua juta transaksi per hari.
Bukalapak berguna bagi orang yang ingin berjualan.
Tidak hanya barang baru, bukalapak juga mempersilahkan para seller untuk
menjual produk bekas atau second. Dengan adanya fitur ini, masyarakat
memiliki tempat yang nyaman untuk mencari dan membeli barang – barang yang baru
maupun bekas. Hal ini akan membuat semakin banyak konsumen yang menggunakan
aplikasi ini.
(sumber : Jabarpublisher.com)
Ruangguru merupakan perusahaan teknologi
yang bergerak di bidang pendidikan ini merupakan perusahaan EduTech
tersukses dan terbesar di Indonesia pada tahun 2020. Ruangguru didirikan pada
April 2014 oleh Adamas Belva Syah Devara dan Muhammad Iman Usman untuk
membantu para pelajar menemukan berbagai pembimbing di dunia maya. Ruangguru menawarkan platform pembelajaran
berbasis kurikulum sekolah melalui video tutorial
interaktif oleh guru dan animasi di aplikasi ponsel dan komputer. pada April 2017 dan telah memiliki 15 juta pengguna hingga
tahun 2019.
Beberapa tahun ke belakang, khususnya di
tahun 2019 ruangguru sedang gencar-gencarnya promosi besar-besaran di TV. Hal ini
dilakukan agar meningkatkan minat pelajar untuk menggunakan jasa dari ruang
guru. Hadirnya ruang guru dapat memudahkan pelajar dalam mendapatkan ilmu. Tidak
hanya di sekolah, para pelajar dapat memperoleh ilmu melalui jasa ruang guru.
(sumber : Tirto.id)
Traveloka adalah perusahaan yang
menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara
daring. Traveloka didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang. Pada awal
konsepnya Traveloka berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga
tiket pesawat dari berbagai situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013
Traveloka kemudian berubah menjadi situs reservasi tiket pesawat di mana
pengguna dapat melakukan pemesanan di situs resminya. Pada bulan Juli 2014,
jasa pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka.
Siapa yang tidak pernah melihat iklan
dari perusahaan ini di TV. Dengan tagline “Traveloka dulu“, ketika ingin
memesan hotel dan tiket pasti yang diingat pertama kali adalah Traveloka. Jasa dari
Traveloka sangat berguna bagi masyarakat yang sering bepergian keluar kota dan
keluar negeri maupun bagi orang – orang yang mempunyai hobi traveling.
Bagaimana
menurut kalian mengenai techonpreneurship dan para tehcnopreneur di Indonesia ?
pasti kalian juga turut bangga dengan kesuksesan para dari anak bangsa. Sekian
mengenai artikel ini, Terima Kasih sudah membaca....
Komentar
Posting Komentar